Top Ad unit 728 × 90

Bagikan Sertifikat Tanah Secara Gratis Kepada Warga , Fadli Zon Geram dan Minta Jokowi Bagikan Juga SIM, KTP, STNK, dan KK


RAKYAT SOSMED - WAKIL Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, tindakan Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sertifikat tanah sebagai gerakan kampanye terselubung.Apalagi, kata Fadli Zon, pembagian sertifikat itu dilakukan dalam bentuk seremoni atau upacara yang diselenggarakan secara besar-besaran.

Fadli Zon bertanya, kenapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak sekalian menyerahkan sejumlah administrasi atau identitas rakyat lainnya.

"Kenapa nggak sekalian penyerahan SIM, STNK, KK, eKTP dilakukan sama?" tulis Fadli Zon melalui akun twitternyata, Jumat (7/9/2018) sekitar 50 menit yang lalu.

@fadlizon: Penyerahan sertifikat tanah dibuat seremoni besar2an. Knp nggak sekalian penyerahan SIM, STNK, KK, eKTP dilakukan sama? #kampanyeterselubung.

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi termasuk salah satu Presiden di Indonesia yang rajin membagi-bagikan sertifikat (sertipikat) tanah kepada rakyat.

Dalam beberapa kali acara kunjungan kerja ke satu daerah, Jokowi biasanya jua memberikan sertifikat tanah secara langsung.

Kemarin, saat berkunjung ke Jawa Timur, Presiden Jokowi pun membagikan 5.000 sertifikat tanah kepada rakyat di tiga kota/kabupaten di Jawa Timur.

Ketiga kota/kabupaten yang rakyatnya menerima penyerahan sertifikat langsung dari Jokowi adalah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik.

Simak status twitter Kementerian Sekretariat Kabinet berikut ini.

@setkabgoid: Presiden @jokowi menyerahkan secara langsung 5.000 sertifikat kepada masyarakat yang berasal dari tiga kota dan kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik. (Foto dan berita: BPMI)

Pada acara penyerahan sertifikat, Kamis (6/9/18), Presiden Jokowi meningatkan masyarakat penerima agar menjaga sertifikatnya dengan baik.

Jokowi berpesan agar masyarakat menghitung terlebih dahulu jika sertifikatnya ingin dijadikan sebagai jaminan untuk meminjam uang ke bank.

PAN: Penyerahat Sertifikat Tanah Jadi Jebakan Maut

Sebelumnya diberitakan Wartakotalive.com, anggota Komisi II dari Fraksi PAN Mohammad Hatta ikut mengkritik program pembagian sertifikat tanah ala pemerintahan Jokowi.

Menurutnya, banyak masyarakat desa yang sudah mendapatkan sertifikat tanah justru terjerat rentenir.

"Jadi ini sebetulnya jebakan maut juga untuk masyarakat. Ini yang harus dikhawatirkan," ujarnya dalam dialog di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Menurut Hatta, setelah mendapatkan sertifikat tanah, banyak masyarakat yang tingkat bisnisnya naik.

Akibatnya sertifikat tanah itu ikut digadaikan untuk mendapatkan dana segar termasuk ke rentenir.

Ia setuju dengan pendapat Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menyebut program bagi-bagi sertifikat tanah merupakan program "ngibul" atau bohong untuk menutupi janji reforma agraria.

Padahal tutur dia, reforma agraria sejatinya bukanlah soal pemberian sertifikasi tanpa lebih dulu dilakukan penataan kepemilikan tanah.

Reforma agraria, kata Hatta, harus dimulai dari penataan kepemilikan tanah, termasuk menyelesaikan sengketa tanah, setelah clear, baru melakukan sertifikasi sebagai bagian akhir.

Hatta curiga, pembagian sertifikat tanah saat ini hanya dimanfaatkan pemerintah agar daerah meraup pendapatan asli daerah (PAD) yang besar lewat pajak bumi dan bangunan (PBB).

Dengan besarnya PAD tutur dia, maka dana bagi hasil (DBH) yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah tidak perlu besar.

Hal itu dinilai penting agar APBN tidak terbebani.

"Ketika PBB besar, PAD besar, otomatis dana DBH dana bagi hasilnya lebih kecil, sehingga beban APBN jadi kecil," kata dia.

Tahun ini pemerintah menargetkan mampu membagikan 5 juta sertifikat tanah.

Sementara itu target pembagian sertifikat tanah pada 2019 mencapai 9 juta sertifikat.


Bagikan Sertifikat Tanah Secara Gratis Kepada Warga , Fadli Zon Geram dan Minta Jokowi Bagikan Juga SIM, KTP, STNK, dan KK Reviewed by Wakil Sosmed on September 07, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by WASOS © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTekno

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.