Top Ad unit 728 × 90

Senyum Lebar ?? - Bela Bawaslu, Fadli Zon Anggap Kasus Mahar Sandi Cuma Bualan


RAKYAT SOSMED -  Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menghentikan kasus dugaan mahar bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno sudah tepat. Sebab menurut dia perkara itu cuma bualan."Ya memang tentang mahar-mahar itu tidak pernah ada. Itu digoreng-goreng saja, seolah-olah ada, tapi tidak ada," kata Fadli saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (1/9).

Menurut Fadli Bawaslu sudah menghasilkan putusan yang sangat baik dengan menutup pengusutan laporan itu. Ia pun meminta kasus itu untuk tidak diungkit lagi oleh pihak manapun.

"Ya, sudah benar itu karena memang tidak ada apa-apa. Jangan digoreng-goreng lagi," lanjutnya.

Bawaslu pada Jumat kemarin menyatakan kasus dugaan pemberian mahar dari Sandiaga ke PAN dan PKS tidak bisa dibuktikan secara hukum.

Proses hukum terkait mahar Sandiaga berawal dari cuitan politisi Partai Demokrat Andi Arief, menjelang pengumuman pasangan Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Lalu kasus itu dibawa ke Bawaslu oleh Frits Bramy Daniel, Wakil Ketua Umum LSM Federasi Indonesia Bersatu (Fiber).

Lihat juga: Bawaslu Dianggap Bertele-tele Saat Usut Dugaan Mahar Sandiaga
Bawaslu sebenarnya sudah beberapa kali memanggil Andi Arief untuk dimintai keterangannya, namun yang bersangkutan selalu mangkir.

Ketua Bawaslu Abhan menyebut Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu tak serius dalam laporan terkait dugaan mahar Sandiaga Uno jadi cawapres.

"Saya kira teman-teman bisa menilai sendiri yang tidak serius mana. Kami sudah mengundang beberapa kali, tak ada respons lain," kata Abhan di kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat kemarin.

Bawaslu, kata Abhan, justru mempertanyakan sikap Andi yang justru mangkir setelah dipanggil dua kali. Padahal pemanggilan itu sesuai ketentuan Pasal 24 ayat (5) dan ayat (6) Perbawaslu Nomor 7 tahun 2018 Tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum.

"Ya kami sudah undang, kenapa tak datang," kata Abhan.

Lihat juga: Bawaslu: Dugaan Mahar Sandi Tak Bisa Dibuktikan Secara Hukum
Peneliti Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Almas Sjafrina menilai Bawaslu bertele-tele dalam mengusut kasus dugaan mahar politik Sandiaga Uno. Dia juga menganggap alasan Bawaslu gagal mendapatkan keterangan dari Andi Arief, mengada-ada.

Almas menganggap Bawaslu mestinya mengandalkan teknologi dalam proses memperoleh kesaksian Andi Arief. Sebab, Andi pun sudah menawarkan langkah itu kepada Bawaslu.

"Orang sekarang kalau mau bersurat karena terkendala jarak bisa email atau by phone, kenapa enggak pakai gebrakan itu?," kata Almas di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, kemarin. (ayp)

Senyum Lebar ?? - Bela Bawaslu, Fadli Zon Anggap Kasus Mahar Sandi Cuma Bualan Reviewed by Wakil Sosmed on September 01, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by WASOS © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTekno

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.