Top Ad unit 728 × 90

Ngritik Lagi, Fadli Zon: Pemerintah Obral Impor, Kapan Kedaulatan Pangannya?


RAKYAT SOSMED - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon angkat bicara soal rencana Kementerian Perdagangan (Kemendag) menerbitkan izin impor gula kristal mentah.Politikus Partai Gerindra itu menyayangkan izin tersebut dan menanyakan kepada soal kedaulatan pangan.

“Impor lagi, impor lagi, obral impor, kapan kedaulatan pangannya Pak Jokowi?” kritik Fadli melalui akun Twitter, @fadlizon, pada Jumat (24/8/2018).

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, Kemendag berencana mengeluarkan izin impor gula kristal mentah untuk konsumsi sekitar 111.000 ton. Izin impor ini berlaku sampai Desember.

Berdasarkan data yang diperoleh, permohonan impor yang diajukan oleh BUMN sebesar 111.682 ton.

Permohonan ini diajukan oleh PT Perkebunan Nusantara melalui PTPN X, PTPN XI dan PTPN XII melalui PT Industri Gula Glenmore (PT IGG).

Permohonan diajukan oleh RNI Group melalui PT PG Rajawali I, PT PG Rajawali II, dan PT PG Candi Baru, juga diajukan oleh Perum Bulog melalui PT Gendhis Multi Manis.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, membenarkan BUMN yang mengajukan permohonan impor sebanyak 6-7 perusahaan.

Menurut Oke, dari semua permohonan yang diajukan, hampir semua izin akan dikelurkan.

“Hampir semua keluar,” ujarnya, Kamis (23/8).

Oke menambahkan, sudah terdapat izin impor gula kristal mentah untuk konsumsi sekitar 900.000 ton yang sudah diterbitkan dari 1,1 juta ton kebutuhan impor.

Izin ini diberikan kepada perusahaan swasta.

Gula mentah yang diimpor ini menurut Oke untuk memenuhi kebutuhan gula di tahun 2018 dan sebagian untuk stok hingga Maret 2019.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan dan Agribisnis Kemko Perekonomian Musdalifah menjelaskan, kebutuhan impor sebesar 1,1 juta ton diputuskan hanya sekali dalam setahun dan diputuskan lewat rapat koordinasi terbatas (rakortas).

Ngritik Lagi, Fadli Zon: Pemerintah Obral Impor, Kapan Kedaulatan Pangannya? Reviewed by Wakil Sosmed on Agustus 24, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by WASOS © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTekno

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.