Top Ad unit 728 × 90

Gara Gara Aksi Neno Pakai Mic, Lion Air Grounded Pilot-Awak Kabin


RAKYAT SOSMED -  Pihak Lion Air memberi sanksi kepada pilot dan awak kabin yang memberi izin kepada Neno Warisman untuk menggunakan public address system (PAS). Pilot dan awak kabin tidak diperbolehkan terbang.

"Persetujuan tersebut merupakan pelanggaran ketentuan pengoperasian pesawat perusahaan dan peraturan perusahaan, Lion Air sudah mengenakan sanksi kepada awak pesawat baik penerbang (pilot) dan awak kabin yang memberikan izin penggunaan peralatan PA, berupa tidak boleh terbang atau 'grounded'," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, lewat keterangan tertulisnya, Selasa (28/8/2018).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan aksi Neno menggunakan PAS atau mikrofon pesawat sebagai kesalahan. Lion Air setuju dengan pernyataan tersebut.

"Persetujuan dan atau pemberian izin kepada seseorang yang bukan awak pesawat dalam menggunakan peralatan yang ada di pesawat dan yang hanya boleh dioperasikan atau digunakan oleh awak pesawat tidak boleh terjadi," ujar Danang

Danang mengatakan dalam penerbangan pesawat bernomor JT297 itu diawaki dua orang penerbang dan lima awak kabin. Pesawat yang membawa 176 penumpang itu lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang pada Sabtu (25/8) malam.

Aksi Neno memakai PAS itu terjadi di pesawat Lion Air JT 297 rute Pekanbaru-Jakarta pada Sabtu (25/8). Momen itu direkam sejumlah penumpang, dan kemudian videonya ditayangkan tvOne.

Dari video, terlihat Neno menggunakan mikrofon yang biasanya digunakan awak kabin atau pramugari untuk memberi pengumuman. Neno meminta maaf kepada penumpang dan bicara soal penghadangan yang dia alami di Riau.

Plt Dirjen Hubud M Pramintohadi Sukarno menyatakan penggunaan PAS diatur dalam internal standard operating procedure (SOP) Lion Air. SOP itu menyatakan PAS hanya bisa digunakan oleh kru kabin untuk menyampaikan informasi kepada penumpang, bukan digunakan oleh penumpang untuk menyampaikan informasi lain yang tidak terkait dengan operasi penerbangan.

"Penggunaan PAS oleh penumpang dalam penerbangan Lion Air JT 297 melanggar internal SOP maskapai Lion Air merupakan tindakan yang salah. Pilot in command (PIC) maupun cabin crew serta penumpang telah melakukan kesalahan," kata Pramintohadi dalam keterangan tertulis, Selasa (28/8/2018).

Gara Gara Aksi Neno Pakai Mic, Lion Air Grounded Pilot-Awak Kabin Reviewed by Wakil Sosmed on Agustus 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by WASOS © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTekno

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.